Menampilkan Referensi dari Bibtex External pada Latex

Beberapa bulan ini saya menggunakan Latex untuk membuat sebuah dokumentasi. Ternyata pemakaiannya susah-susah-gampang. Banyak yang harus dipelajari sebelum bisa menggunakan Latex dengan lancar. Learning curve nya sangat berbeda jika dibandingkan dengan menggunakan software word processing berbasis WYSIWYG (What You See Is What You Get) seperti Microsoft Word atau Libreoffice Writer.

Salah satu fitur Latex adalah dukungan terhadap format referensi Bibtex, yaitu manajemen sumber referensi pada dokumen yang hendak dibuat. Dengan Bibtex, pengguna dengan mudah melakukan pengutipan (cite) terhadap sebuah artikel, buku, jurnal, atau sumber referensi lainnya. Kelebihan Bibtex lainnya adalah file Bibtex bisa dipisah dengan dokumen utama, sehingga file Bibtex ini bisa dipakai untuk dokumen lainnya. Pada dokumen utama, referensi akan ditandai dengan nomor atau nama depan pengarang, tergantung pengaturan yang kita buat.

Ketika saya ingin mengutip sebuah sumber, masalah yang muncul adalah dokumen Latex tidak menampilkan referensi melainkan tanda tanya. Ini artinya dokumen latex belum mengenali sumber referensi pada file Bibtex. Setelah saya selidiki dengan membuka beberapa sumber, saya menemukan sebuah artikel yang menginformasikan bahwa dibutuhkan trik untuk menampilkan nomor referensi pada dokumen.

Urutan yang harus dilakukan agar referensi ditampilkan pada dokumen latex diberikan dalam langkah-langkah berikut:

  1. latex latex_source_code.tex
  2. bibtex latex_source_code.aux
  3. latex latex_source_code.tex
  4. latex latex_source_code.tex

Langkah pertama akan menghasilkan error seperti di bawah ini:

LaTeX Warning: Citation `lamport94' on page 1 undefined on input line 21.
...
LaTeX Warning: There were undefined references.

Langkah kedua digunakan untuk mendefinisikan semua referensi yang dipakai dalam dokumen tersebut.

This is BibTeX, Version 0.99c (Web2C 7.3.1)
The top-level auxiliary file: latex_source_code.aux
The style file: plain.bst
Database file #1: sample.bib

Langkah ketiga adalah menjalankan Latex untuk kedua kalinya. Error yang muncul adalah “LaTeX Warning: Label(s) may have changed. Rerun to get cross-references right“. Perintah ini dengan jelas menyuruh kita untuk menjalankan latex sekali lagi (langkah ke-4) untuk menampilkan referensi pada dokumen kerja. Jadi kita tidak perlu berurusan dengan file Bibtex itu sendiri (format *.bib).

Untuk informasi tentang manajemen bibliografi, bisa merujuk ke sumber ini: http://en.wikibooks.org/wiki/LaTeX/Bibliography_Management

By Duken Marga

Insinyur Teknik Sipil (Ir.), menyukai programming, internet, application development, sains, teknologi, dan matematika.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.