Mount ISO Disk pada Linux

File berformat iso umumnya digunakan untuk menyimpan data yang akan dimasukkan ke dalam CD, contohnya adalah sistem operasi Linux atau software berukuran besar. Pada sistem operasi Windows, untuk membaca file dengan format *.iso ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Kita bisa menggunakan 7zip untuk membuka iso sebagai arsip, bisa juga menggunakan WinCDEmu dan Alcohol 52%, yang bertugas sebagai CD Emulator.

Untuk sistem operasi Linux, program mount cukup menjadi emulator ISO menjadi virtual CD atau sebagai partisi tambahan pada sistem operasi.

Langkah pertama, buatlah sebuah direktori kosong sebagai tempat file yang akan diemulasi. Jika menginginkan ISO sebagai partisi hardisk, direktori baru diletakkan pada /mnt, sedangkan jika menginginkan ISO sebagai CD virtual, maka direktori baru diletakkan di /media. Pilih salah satu dari perintah berikut.

root@localhost# mkdir /mnt/disk1
root@localhost# mkdir /media/disk1

Langkah kedua, mount file ISO ke dalam direktori yang tadi kita buat. Pilih salah satu dari perintah berikut sesuai dengan pilihan pertama di atas.

root@localhost# mount -o loop FreeBSD9.1.iso /mnt/disk1
root@localhost# mount -o loop FreeBSD9.1.iso /media/disk1

Sebuah partisi baru akan terbuka dan akan berisi data ISO file yang mount tadi.

Published
Categorized as Linux Tagged

By Duken Marga

Insinyur Teknik Sipil (Ir.), menyukai programming, internet, application development, sains, teknologi, dan matematika.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.