Site Overlay

Berpikirlah: How It Works

Apakah kamu tau bagaimana jaringan internet itu bekerja? Apakah kamu tau teknologi apa yang digunakan dalam Blackberry? Apakah kamu tau bahwa sebuah baterai dapat diisi ulang tanpa menggunakan kabel listrik (menggunakan pemancar listrik non-kabel)?

Tidak tau.

Sebuah batu sandungan yang besar yang membuat kita tidak bisa maju adalah kita tidak mau berpikir how it works. Kecenderungan yang diperlihatkan oleh bangsa kita adalah kecenderungan yang konsumtif, tidak produktif. Konsumtif dalam konteks yang saya maksudkan adalah perilaku kita yang cenderung asal pakai saja, tanpa pernah mempertanyakan mengapa ini dan itu bisa terjadi.

Tapi kan saya selalu membaca berita setiap hari, saya selalu up-to-date.

Memang kita setiap hari membaca berbagai inovasi baru dari belahan dunia sana. Tapi itu bukanlah inti dari teknologi. Kita perlu menggali lebih dalam apa teknologi yang digunakan dan bagaimana sebuah proses itu bisa terjadi. Ada banyak pertanyaan sederhana yang bisa kita buat ketika melihat sesuatu. Ketika kamu melihat kaca setiap pagi, apakah kamu pernah berpikir, terbuat dari apakah kaca tersebut?

Hal yang menyenangkan bisa mengetahui banyak cara kerja suatu alat.  Cara yang paling gampang adalah fokus pada ilmu yang kamu dalami saat ini. Jika kamu seorang lulusan teknik elektro, fokuslah selalu pada ilmu elektro, jika kamu seorang lulusan teknik mesin, fokuslah pada ilmu mesin. Banyak belajar dan ciptakan inovasi baru. Fakta saat ini menunjukkan banyak lulusan sarjana yang tidak fokus pada apa yang dipelajarinya. Misalnya banyak jurusan teknik sipil yang bekerja di bank atau jurusan lain.

Salahkah?

Tidak salah, saya juga punya kecenderungan mempelajari ilmu IT lebih banyak daripada sipil. Yang saya lakukan adalah tetap fokus pada keduanya. Ilmu IT menarik, ilmu sipil berguna dan bermanfaat untuk orang banyak. Saya berusaha tidak meninggalkan sedikitpun hal-hal yang bisa saya pelajari dari keduanya 🙂

Jadi?

Hal yang kita perlu lakukan adalah tetap terus bertanya: How it works? untuk apapun yang kamu lihat dan dengar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.