Cerita Tentang Ayam

chickenPernah melihara ayam? Ternyata asyik kalo kita bisa memelihara ayam. Saya sewaktu masih di sibolga (kota saya dibesarkan), sering memelihara ayam. Bukan ayam saya sih, ayamnya ortu saya. hehe..

Tapi tetap saja asyik karena banyak pengalaman-pengalaman tentang ternak aves yang satu ini. Mungkin ada beberapa pengalaman yang pernah saya alami ketika beternak ayam.

Ayam yang sering dipelihara adalah ayam petelur, ayam potong, dan ayam kampung. Sedangkan ayam petelur dipelihara hanya untuk diambil telurnya saja. Ayam petelur biasanya dikandangkan dan diberi makan sesuai porsi yang sudah ditentukan. Tentu saja ini dilakukan agar kualitas telur yang dihasilkan juga bagus. Ayam potong sesuai namanya hanya dipelihara untuk diambil dagingnya saja, ini yang sering kita konsumsi di tempat-tempat makan.

Berbeda dengan ayam petelur dan ayam potong, ayam kampung justru lebih sering dilepas ke alam bebas. Ayam kampung biasanya dipelihara untuk diambil dagingnya maupun telurnya. Sesuai tujuannya tadi, ayam kampung perlu “nutrisi” yang lebih banyak agar bisa kita santap di meja makan. Hmm… emang sih, ga harus dilepas gitu, tapi biasanya ayam yang dilepas lebih sehat dan bergizi ketimbang ayam yang dikurung di kandang.

IBU saya kalo mau melihara ayam, pastinya beli yang ayam kampung, bukan ayam yang lain. Banyak kegiatan-kegiatan aneh yang pernah terjadi sewaktu melihara ayam. Pernah suatu waktu saya harus lari-lari keliling 1 kampung untuk ngejar ayam yang lepas. hehe…. tapi ayamnya ga bisa ditangkap, eh pas ga dikejar lagi, ayamnya malah balik lagi ke kandang. haha…. 🙂

Tau ga kalo ayam itu adalah hewan yang paling bodoh kalo lagi nyebrang? Coba deh perhatikan kalo di seberang jalan ada ayam yang lagi cari makan. Trus kita dengan memakai motor atau sepeda lewat dari jalan tempat ayam tersebut nyari makan. Biasanya ayam akan berusaha nyebrang ke sebelah jalan, padahal ga usah nyebrang juga ga kenapa-napa tuh ayam. haha.. dasar ayam merasa nyawanya terancam, haha… ;D

Ayam, itu hewan yang menurut saya jinak, sama seperti anjing, tapi ga berisik, ga minta macam-macam seperti anjing. Ayam kalo dimanja-manja (ha???), maksudnya dielus-elus, ayam akan tidur. Bukan tidur benaran sih, soalnya saya juga ga pernah liat ayam tidur, hanya merem menutup mata saja. Kalo diganggu, ntar dia bangun lagi.

Ayam juga merupakan hewan yang kotor. Mungkin kita pernah dimarahi sewaktu kecil agar ga main-main di tanah, soalnya nanti kena penyakit cacing. Saran itu ada benarnya, ayam juga tidak terkecuali. Ayam juga bisa kena cacing, tapi bukan menjadi penyakit, tapi menjadi cacing beneran di dalam tubuh mereka. Kalau teman-teman sering main-main dengan ayam, apalagi pernah liat ayam yang cacingan, teman-teman bisa melihat mata ayam. Cacing-cacing yang ada dalam tubuh ayam kadang “berseliweran” di daerah mata mereka. Kadang ada cacing yang datang dari atas mata nya turun ke daerah bawah matanya. Jadi kalo mau makan ayam, jangan makan kepalanya kalo emang ga dibersihkan dengan baik. Menjijikkan ya ..? Wah, jangan-jangan habis baca ini, teman-teman ga mau lagi nanti makan ayam, haha… 🙂  Apaan sih ?? hehe… Kalau bisa usul sih, ayam harusnya kuku dipotong biar ga panjang, biar dia ga cacingan, haha. Nanti ga bisa nyari makan dong di tanah? 😀

Ngomong-ngomong, kami (keluarga) pernah loh melihara ayam umurnya nyampe 7 tahun. Wew, dengar-dengar umur ayam yang paling lama itu 14 tahun. hehe.. Tapi 7 tahun udah lama, biasanya ayam ga nyampe umur 3 tahun udah koid alias mati buat dimakan. Tapi sayang ayamnya mati umur ke 7 gara-gara lupa dimasukin ke kandang pas lagi hujan, akhirnya ayamnya kedingingan dan mati di tengah halaman 🙁

Tapi gpp, yang penting pengalaman adalah yang terpenting, jadi kalo semisal saya lulus dari ITB ga dapat kerjaan, paling engga udah ada bayangan mau kemana bisa nyari kerjaan (maksudnya ???) Maksudnya makan ayam dulu sebelum kerja. hehe..

By Duken Marga

Insinyur Teknik Sipil (Ir.), menyukai programming, internet, application development, sains, teknologi, dan matematika.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.